-->

Notification

×

Indeks Berita

Iklan

Peluang Kerja dan Posisi Paling Menjanjikan di Masa Datang

2022-11-19 | 14.19 WIB Last Updated 2022-11-24T14:09:38Z
Programer Handal bekerja seperti Pengarang Novel
Jakarta (WartaMerdeka) – Di masa datang ada sedikitnya 5 keahlian yang ternyata paling diincar oleh perusahaan. Jadi, keahlian tersebut memiliki peluang yang cukup besar untuk bersaing di dunia kerja.

Dari "Laporan World Economic Forum" (WEF) memprediksi, pada tahun 2025, ada 85 juta pekerjaan yang bisa tergeser akibat pembagian kerja antara manusia dan mesin. Sementara ada 97 juta pekerjaan baru yang akan muncul.

Dari pridiksi WEF tersebut, Perkembangan Pasar Tenaga Kerja 2020-2025, terdapat 20 jenis pekerjaan yang paling banyak dicari, dan yang turun popularitasnya di tahun 2025.

Untuk itu kiranya kita ingin tahu, berapa sih gaji yang kelak akan didapat karyawan dalam posisinya...

1. Data Sains
Science Data atau Data Sains bakal memiliki peluang yang bagus dalam pasar tenaga kerja 2025. Hal ini dijelaskan pula di laman karier Indeed, bahwa profesi di bidang ini dapat menyentuh gaji sampai 1,7 miliar per tahun.

2. Teknik Informatika
Prediksi WEF. Jurusan yang dapat mengantarkan kepada ketiga profesi di bawah ini adalah Teknik Informatika.
Bidang information security analyst, software dan application developers, akan meningkat di masa depan.

Sementara gaji software developer di Indonesia bisa memperoleh gaji hingga Rp. 386 juta per tahun. Sementara di Amerika Serikat dapat mencapai hingga Rp. 1,5 miliar per tahunnya.

3. Bisnis
Pekerjaan yang berhubungan dengan bisnis, adalah mereka yang bekerja dalam posisi, antara lain; analis keuangan, konsultan manajemen, dan banyak lagi.

Gaji seorang analis bisnis di Indonesia dapat mencapai Rp. 335 juta per tahun. Sementara, di Amerika Serikat dapat mencapai hingga Rp. 1,3 miliar per tahunnya. Posisi ini adalah posisi yang paling banyak dicari pada 2025 nanti.

4. Pemasaran Digital
Digital Marketing atau Pemasaran digital ini akan banyak diburu dalam 3-5 tahun ke depan. Bahkan sejumlah perusahaan telah mulai mencari seseorang yang ahli dalam bidang ini.
Ilustrasi logika bicara Seorang Progtamer
Berdasarkan riset dari "Economic Research Institute" dalam laman Salary Expert, posisi pemasaran digital di Indonesia dapat mencapai penghasilan hingga Rp. 251 juta per tahun, sedangkan di Amerika Serikat dapat mencapai hingga Rp. 1 miliar per tahun.

5. Teknik Robotik dan Kecerdasan Buatan
Teknik Robotika dan Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu pilihan pekerjaan yang menjanjikan di masa datang. (SSM)

Catatan bagi Anda yang latar belakangnya bukan dari Informatika, jangan berkecil hati. Di Indonesia kini sudah banyak sekali Bootcamp Informatika. Bahkan ada Bootcamp yang menyediakan fasilitas, belajar-lulus-kerja, baru bayar. (Red)













Iklan

×
Berita Terbaru Update